Pemerintah Ancam Moratorium TKI ke Malaysia

Pemerintah Ancam Moratorium TKI ke Malaysia

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Jakarta - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengecam keras iklan "Fire Your Indonesia Maid" (Pecat Pembantu Indonesia), yang dilakukan perusahaan IRobot asal Amerika Serikat yang bernaung di Malaysia.

Menurut Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, Kementerian Luar Negeri telah mengirimkan nota protes keberatan diplomatik kepada pemerintah Malaysia.

Nusron mengancam, jika nota keberatan diplomatik ini tidak diperhatikan secara serius oleh pihak Malaysia, pihak pemerintah tidak akan melayani dokumen penempatan Tenaga Kerja Indokesia (TKI) ke Malaysia untuk sementara waktu, sampai ada permintaan maaf dari Malaysia dan AS.

"Kita akan lakukan moratorium pengiriman TKI ke Malaysia," kata Nusron kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Kamis (5/2).

Nusron menjelaskan, pihaknya juga akan mengawasi para Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), yang terbukti dalam beberapa hari ke depan tetap mengirimkan TKI ke Malaysia.

"Secara umum agensi rekruitmen TKI di Malaysia sering melakukan stereotype negatif terhadap TKI kita. Jika ada agensi di Malaysia yang bermasalah kontraknya akan kita putus," tegasnya.

Bahkan lanjut Yusron, buntut dari iklan tersebut perusahaan yang merendahkan martabat Indonesia itu bisa diseret ke Mahkamah Internasional dan terancam 15 tahun penjara atau bayar denda. Pasalnya hal itu merupakan salah satu bentuk mobilisasi dan eksploitasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Ia pun menyindir, pihak perusahaan di Malaysia seharusnya juga menyadari bahwa banyaknya buruh migran dari Indonesia di Malaysia lebih karena adanya praktik trafficking dan banyak agensi di Malaysia yang ikut bermain. "Buktinya, TKI di sana masih banyak yang gajinya rendah dan minim dari segi perlindungan," demikian Nusron.(Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,