Minat Warga Bertransmigrasi Menurun

Minat Warga Bertransmigrasi Menurun

Bandung – Warga yang ikut bertransmigrasi sejak 3 tahun lalu. dirasakan jumlahnya terus turun. Untuk tingkat nasional misalnya, dalam setiap tahunnya hanya memberangkatkan sebanyak 2.500 Kepala Keluarga, sedangkan untuk tingkat Provinsi Jawa Barat paling tinggi 38 Kepala Keluarga.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Widiatmoko, penurunan transmigrasi disebabkan dari berbagai faktor. Mulai dari fasilitas dan sarana di tempat transmigrasi, yang belum tertata juga faktor sumber daya manusia.

“Banyak lahan transmigrasi saat ini belum dibangun rapi, seperti jalan masih jelek, pemukiman masih belum layak dan juga SDM  yang belum siap pakai. Harus orang yang mau bertransmigrasi selain punya keahlian pertanian, perkebunan, atau keterampilan lain,” jelas Widiatmoko di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (01/10/2014).

Akibat menurunnya daya tarik masyarakat menjadi seorang transmigrasi, beberapa Kota/Kabupaten di Jawa Barat tidak memberikan dana dan izin bagi warganya untuk berangkat transmigrasi.

“Ada beberapa Kota/Kabupaten di Jawa Barat pada tahun ini tidak memberikan izin untuk memberangkatkan transmigrasi. Malah ada yang anggaran transmigrasinya saja tidak ada,” tambah Widiatmoko. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bandung,