39 Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu

39 Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu

39 Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu. (Foto: Net)

Jakarta  - Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu mencatat, dalam kurun waktu Januari hingga Oktober 2014 sebanyak 39 kuntum bunga langka Rafflesia sp. mekar di kawasan hutan di Provinsi Bengkulu.

"Terutama jenis Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Bengkuluensis," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan, saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (1/10).

Saat ini menurut Sofian, satu kuntum Rafflesia Arnoldii juga mekar di kawasan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Masyarakat dapat menikmati keunikan bunga langka  dengan ukuran terbesar di dunia tersebut.

Ia mengatakan, bunga langka tersebut sebagian besar ditemukan mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang dan Hutan Cagar Alam Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, selain kawasan hutan di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur.

"Kami menduga sebenarnya jumlah yang mekar masih lebih banyak, karena tidak semua daerah dapat kami pantau," katanya.  Keberadaan bunga Rafflesia di hutan-hutan Bengkulu itu sendiri mendesak untuk dilestarikan, karena tengah terancam perambahan hutan dan lahan. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:nasional,