17 Warga Palu Tewas Akibat HIV/AIDS

17 Warga Palu Tewas Akibat HIV/AIDS

Ilustrasi.(Foto:Net)

Palu - Dinas Kesehatan Kota Palu mencatat sebanyak 17 orang di wilayahnya meninggal dunia akibat terserang HIV/AIDS selama 2014.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palu Gunawan di Palu, Jumat (6/2/2015), mengatakan selama 2014 terdapat 82 warga yang terserang HIV dan 40 orang menderita AIDS.

Menurutnya, jumlah pengidap HIV/AIDS di Kota Palu bisa lebih banyak dari pada yang tercatat oleh Dinas Kesehatan karena orang yang diduga penderita penyakit yang menyerang kekebalan tubuh tersebut enggan diperiksa.

Selama ini petugas Dinas Kesehatan Kota Palu banyak menemukan kasus HIV/AIDS di daerah bekas lokalisasi karena di lokasi tersebut masih banyak terjadi hubungan seksual beresiko.

Sebagian besar penderita HIV/AIDS disebut Gunawan adalah kaum perempuan yang berada di tempat lokalisasi itu.

"Bisa saja ada orang yang tertular penyakit itu tapi dia tidak menyadarinya," katanya.

Oleh sebab itu, petugas Dinas Kesehatan kerap melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS di sejumlah tempat seperti lokasi hiburan dan tempat umum lainnya.

Petugas juga mengambil sampel darah untuk diuji apakah mengandung HIV dimana sebelum diambil contoh darah, warga tersebut diminta untuk menandatangani persetujuan agar bersedia menjalani perawatan.

Dinas Kesehatan Kota Palu juga menggandeng penderita HIV/AIDS untuk memberikan penguatan mental kepada penderita lainnya agar tegar menjalani hidup karena hingga saat ini penyakit mematikan itu belum ada obatnya.

Pemerintah hanya memberikan obat penghambat pertumbuhan virus dan vitamin suplemen kepada penderita HIV/AIDS agar mereka tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

"Semua itu kita berikan secara gratis," katanya.

HIV/AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang melemahkan daya tahan tubuh sehingga penderitanya mudah mengalami sakit.

HIV/AIDS mulai terdeteksi di Kota Palu sejak 2002. Selama kurun 2012 hingga 2014 tercatat penderita HIV/AIDS sebanyak 506 orang, 70 di antaranya meninggal dunia. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:obituary,