Sharapova Melangkah ke Olimpiade 2016

Sharapova Melangkah ke Olimpiade 2016

Petenis Asal Rusia, Maria Sharapova.

Paris- Maria Sharapova memimpin tim Rusia dalam pembukaan turnamen Fed Cup World Group melawan Polandia pada akhir pekan sekaligus menetapkan langkah petenis putri itu ke Olimpiade 2016.

Pertandingan pembukaan itu akan menjadi pertemuan pertama antara kedua perwakilan negara dan sebuah penampilan Piala Fed yang langka oleh peraih medali perak Olimpiade 2012.

Sharapova dituntut bersaing ketat sebagai pemimpin tim putri Rusia jika ingin masuk dalam pertarungan meraih medali emas di Rio de Janeiro pada 2016.

Petenis putri peringkat kedua setelah Serena Williams pada Australia Terbuka 2015 itu telah bermain untuk tiga pertandingan bagi Rusia sejak debutnya pada 2008 dengan catatan kemenangan partai tunggal 3-1.

Lapangan semen pada Sabtu (7/2) dan Minggu (8/2) di Krakow Arena akan menjadi saksi kembalinya petenis berusia 27 tahun itu dalam Piala Fed setelah penampilannya pada 2012.

Perhatian juga akan tertuju pada kapten tim Rusia Anastasia Myskina yang pada dekade sebelumnya mengancam mundur dari tim Rusia jika Sharapova terpilih sebagai kapten.

Myskina sebagai petenis putri Rusia pertama yang memenangkan Grand Slam di Roland Garros pada 2004 telah berhenti sebagai pemain pada 2007 dan mengambil alih posisi kapten pada Piala Fed 2014.

Tim Rusia menjadi tim pilihan dengan kehadiran Sharapova dan petenis putri Rusia peringkat ke-27 dunia Svetlana Kuznetsova, Anastasia Pavlyuchenkova yang merupakan petenis putri peringkat ke-34 dunia, dan Vitalia Diatchenko sebagai petenis putri peringkat 82 dunia.

Sementara, tim Polandia akan dipimpin oleh mantan finalis Wimbledon Agnieszka Radwanska yang menduduki peringkat kedelapan dunia bersama adiknya Urszula Radwanska yang menempati peringkat ke-135 dunia.

Petenis Polandia Alicja Rosolska dan Klaudia Jans-Ignacik akan mengambil tugas partai ganda untuk Polandia.

Di Kota Quebec, tim Ceko yang merupakan juara Piala Fed 204 menjadi tim pilihan setelah memenangkan lima kali pertemuan dengan tim Kanada meski tanpa pemain andalan mereka Petra Kvitova dan Lucie Safarova.

Petenis putri peringkat ke-20 Karolina Pliskova, Tereza Smitkova yang menduduki peringkat ke-68, petenis peringkat ke-107 Denisa Allertova dan petenis andalan partai ganda Lucie Hradecka akan menempati jajaran tim Ceko setelah pertemuan terakhir mereka dengan tim Kanada pada 2002.

Selain keempat tim itu, tim Jerman akan menjamu tim Australia di Stuttgart dan tim Prancis akan terbang ke Genoa untuk bertemu tim Italia yang merupakan semifinalis Piala Fed 2014. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,