2015 Jabar akan Kirim Transmigrasi ke 7 Provinsi

2015 Jabar akan Kirim Transmigrasi ke 7 Provinsi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ; Widiatmoko.( Foto Ade)

Bandung – Perjanjian KSAD (Kerjasama Antar Daerah) sangat penting untuk mendukung terlaksananya kegiatan transmigrasi. Transmigrasi sebagai kegiatan untuk memindahkan penduduk dari tempat yang padat ke daerah jarang penduduk harus memikirkan beberapa factor termasuk kualitas hidup dan kesejahteraan.

Untuk mewujudkan hal itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Widiadmoko, diperlukan beberapa MoU atau KSAD.

“KSAD itu sangat perlu bagi pemerintah dua daerah dalam kerjasama pengiriman transmigrasi dan penyediaan lahan. Jadi jika ada legalitas tersebut, berbagai kendala yang dialami seorang transmigrasi bisa diatasi oleh dua pihak,” kata Widiatmoko di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (1/10/2014).

Widiatmoko menambahkan, biasanya KSAD ditandatangani oleh beberapa perwakilan kepala daerah yang melakukan pengiriman transmigrasi dan yang menerima transmigrasi.

“Ada beberapa daerah yang sudah menyepati KSAD seperti ; Kota Bandung, Kuningan, Cirebon, Grobogan, Kulonprogo, Nganjuk, Ngawi, dan Banyuwangi sebagai pengirim transmigrasi,” tambahnya.

Berdasarkan hasil kesepakatan perjanjian KSAD, tahun 2015 Provinsi Jawa Barat mendapat alokasi daerah penempatan transmigrasi ke Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah. (Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bandung,