Jero Wacik Tersangka Korupsi Anggaran Kemenbudpar

Jero Wacik Tersangka Korupsi Anggaran Kemenbudpar

Jero Wacik

Jakarta -  Akhirnya terungkap, dugaan korupsi yang dilakukan Jero Wacik, saat menjabat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata 2009-2011. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat itu sebagai tersangka penyalahgunaan anggaran di Kemenbudpar saat dia menjabat.

"Penyidik KPK menemukan bukti permulaan yang cukup tentang untuk meningkatkan kasus itu ke penyidikan. Menetapkan JW sebagai Menbudpar 2009-2011 sebagai tersangka korupsi di Kementerian Budaya dan Pariwisata," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Jumat (6/2).

Priharsa menjelaskan, dalam kasus ini Jero disangkakan dengan dua pasal. Yakni Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001. 
Dia menyatakan dari kasus ini negara diperkirakan dirugikan hingga Rp 7 miliar. "Kasus ini sedang dalam pendalaman. Kasusnya akan terus jalan," ujar Priharsa.
Soal keterlibatan pihak lain dalam perkara ini, Priharsa menyatakan belum tahu. "Nanti dilihat dalam penyidikan," sambung Priharsa.

Hal ini menambah panjang rentetan kasus melilit Jero. Pada 3 September lalu, KPK menetapkan Jero Wacik sebagai tersangka. Jero diduga melakukan tindak pidana korupsi terkait dengan pengadaan proyek dan Dana Operasional Menteri (DOM) di Kementerian ESDM pada tahun 2011-2013. Surat perintah penyidikan Jero Wacik diteken sehari sebelum pengumuman. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:kpk,