Jabar Bangun Enam Paviliun Khusus Lansia

Jabar Bangun Enam Paviliun Khusus Lansia

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan membangun enam paviliun khusus untuk warga lanjut usia (lansia) di rumah sakit umum daerah (RSUD) sebagai upaya mewujudkan program Provinsi Jawa Barat Ramah Lansia.


"Kita ingin melayani para orang tua sesuai dengan slogan dan semangat Jabar sebagai Provinsi Ramah Lansia," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Denny Juanda, di Bandung, Jumat (6/2/2015).

Ia menuturkan dengan adanya paviliun lansia tersebut maka ke depannya seluruh layanan medis untuk lansia di Jawa Barat akan disiapkan secara khusus.

"Kalau ada lansia datang ke situ, maka dia akan secara khusus dilayaninya. Kemudian peralatan medisnya juga khusus. Tidak disatukan dengan yang pasien umum. Termasuk pasien BPJS juga masuk di situ," kata dia.

Saat ini, menurut dia, populasi lansia di Jawa Barat hampir sama dengan angka kelahiran bayi.

"Ini yang cukup menarik, lansia sekarang populasinya hampir sembilan persen dari total penduduk di Jabar. Sedangkan angka kelahiran balita sebanyak 7,5 persen," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, sesuai dengan program Jabar Provinsi Ramah Lansia maka diharapkan ke depannya para lansia tersebut bisa sehat, mandiri dan sejahtera.

"Kami menyebutnya ber-SMS, yakni sehat, mandiri dan sejahtera. Bisa sehat jasmani dan rohani kemudian bisa mandiri, dan terakhir bisa sejahtera dunia dan akhirat. Jadi kalau nanti wafat, bisa meninggal dunia secara Husnul Khatimah," kata dia.

Ia menambahkan saat ini salah satu wujud kepedulian Pemprov Jawa Barat untuk kaum lansia adalah dibentuknya Komite Daerah (Komda) Lansia.

Komda Lansia ini sudah berjalan dan diketuai oleh Wakil Gubernur Jabar dan Sekretarisnya dijabat oleh Kepala Bappeda Jabar.

"Saya tadi malam habis evaluasi, alhamdulillah seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat sudah punya Komda Lansia," kata dia. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:kab-bandung,