Pasien DBD di Cimahi Bertambah

Pasien DBD di Cimahi Bertambah

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi - Jumlah pasien positif penyakit Demam Berdarah dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi, Jabar, hingga Jumat sore, bertambah dari 94 menjadi 99 orang.

"Untuk anak-anak 14 orang yang sebelumnya 10 orang, yang lainnya pasien dewasa," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang RSUD Cibabat dr Reri Marliah kepada wartawan, Jumat (6/2/2015).

Ia menuturkan, RSUD Cibabat menjadi Rumah Sakit Rujukan utama bagi pasien terjangkit DBD di Kota Cimahi maupun dari Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung.

Dia menyebutkan, pasien yang dirawat di RSUD Cibabat sejak Januari 2015 hingga awal Februari mencapai 113 pasien yang sebagian sudah tidak dirawat.

"Sampai saat ini pasien yang dirawat kondisinya bisa teratasi dengan baik, ditangani oleh dokter spesialis," katanya.

Menurut dia, wabah penyakit DBD seringkali muncul pada musim hujan atau saat perubahan cuaca yang memicu berkembang biaknya nyamuk DBD.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang merasakan gejala DBD seperti demam tinggi untuk segera dibawa ke Puskesmas atau klinik untuk diperiksa sehingga cepat penanganannya.

"Jika ada gejala-gejala demam berdarah segera diperiksa, terutama untuk anak-anak," katanya.

Sementara RSUD Cibabat, kata dia, selain melakukan penanganan medis juga memberikan edukasi kepada pasien maupun keluarganya agar menerapkan pola hidup dan lingkungan yang sehat dan bersih agar tidak kembali terserang DBD.

"Kami memberikan edukasi kepada pasien untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih, sebagai perlindungan dini dari wabah DBD," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,