Pemkot Cimahi Diminta Gratiskan Raskin

Pemkot Cimahi Diminta Gratiskan Raskin

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi- Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi Nurhasan mengusulkan agar Pemerintah Kota Cimahi, dapat mengratiskan program beras miskin kepada rumah tangga sasaran (RTS).

"Pemerintah Kota Cimahi harus berani buat terobosan seperti itu, mencontoh daerah lain seperti Kota Bandung yang menggratiskan Raskin," kata Nurhasan kepada wartawan di Cimahi, Jumat (6/2/2015).

Ia menuturkan, beberapa kota di Jabar ada yang mampu mengratiskan penyaluran raskin kepada RTS dengan dana yang dibebankan pada APBD.

Menurut dia, raskin gratis akan dapat membantu mengurangi beban ekonomi masyarakat kurang mampu untuk mengimbangi kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya.

"Apalagi sekarang harga-harga pada mahal, sehingga masyarakat miskin perlu dibantu," katanya.

Ia mengungkapkan, usulan Raskin gratis sudah disampaikan ke Bagian Ekonomi Sekretariat Pemkot Cimahi, namun belum ada tanggapan untuk membahasnya.

Selain itu, dia berharap, Pemkot Cimahi dapat menambah alokasi jumlah beras untuk menutupi keluarga kurang mampu yang tidak tercatat dalam data RTS penerima Raskin.

Sumber dananya, lanjut dia, dapat menggunakan dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran tahun 2014 yang mencapai Rp200 miliar.

"Ada Silpa Rp200 miliar, daripada diendapkan lebih baik diberikan kepada masyarakat melalui program Raskin," katanya.

Pemkot Cimahi mencatat jumlah masyarakat penerima program Raskin tahun 2015 tercatat sebesar 18.934 RTS atau sama seperti tahun sebelumnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,