SMPN 7 Bandung Terkenal Berkat Program PLH

SMPN 7 Bandung Terkenal Berkat Program PLH

Taman dan kolam bikin sekolah asri dan sejuk. (Foto : ADE)

Bandung - Suasana nyaman dan asri tampak saat kita berkunjung ke SMPN 7 Kota Bandung. Sekolah yang terletak di Jl. Ambon, Kota Bandung ini pernah menyabet predikat sekolah bersih tingkat nasional.

 

Saat kita melintasi lorong sekolah, banyak dijumpai tempat sampah bermacam ukuran menghiasi sudut ruangan. Tampak berbagai pot tanaman hias yang ditanami berbagai jenis bunga.

 

Menurut guru PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) SMPN 7 Kota Bandung, Iyan Sari Aryanti, SMPN 7 Kota Bandung adalah sekolah yang mengedepankan pendidikan lingkungan hidup agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga.

 

“Guru, murid, dan pekerja lainnya di kemudian hari bisa memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berwawasan,” tuturnya.

 

SMPN 7 Bandung sebagai sekolah yang peduli lingkungan hidup selalu mengedepankan pelajaran PLH agar tercipta lingkungan sehat dan asri. Dalam pelajaran ini siswa dijelaskan mengenai fenomena keadaan lingkungan, yang sudah mulai tidak terawat.

 

Guru menerangkan berbagai dampak akibat perusakan lingkungan yang dilakukan oleh para penambang liar, penebang hutan liar, ataupun membangunan gedung pencakar langit. Pemanasan global memang tidak luput dari materi pokok bahasan PLH di SMPN 7 Kota Bandung.

 

Iyan Sari Aryanti, menambahkan, sejak kepemimpinan Kepala Sekolah, Nandi Supriadi, kenyamanan sekolah lebih diprioritaskan, keindahan taman juga lebih diperhatikan, sehingga bila suasana sudah enak kegiatan belajar siswa akan lebih menyenangkan.

 

“SMPN 7 Bandung dianugerahi predikat sekolah percontohan pendidikan lingkungan hidup pada 11 Januari 2007. Penghijauan sekolah sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2005, dalam kurun waktu 3 tahun sekolah ini berhasil meraih berbagai prestasi bidang lingkungan hidup. Di antaranya sekolah sehat tingkat nasional, sekolah berbudaya lingkungan, dan sekolah model Adiwiyata,” tambahnya.

 

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup guna mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah, dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat, dan menghindarkan dampak lingkungan negatif. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:bandung,