Swasta Harus Berperan Kelola Objek Wisata

Swasta Harus Berperan Kelola Objek Wisata

Ilustrasi.(Foto:Net)

Gorontalo -DPRD Kota Gorontalo mengharapkan pihak swasta berperan untuk mengelola obyek wisata, yang saat ini belum optimal bahkan ada yang sudah tidak difungsikan lagi.


Wakil Ketua DPRD Kota Gorontalo Erman Lajengke, Sabtu (7/2/2015), mengatakan, daerah ini memiliki sejumlah obyek wisata seperti Benteng Otanaha, Kuburan Kramat Ju Pangola, Pantai Pasir Putih, Mesjid Tertua, Bak Pemandian Potanga, Pemandian Lahilote, tangga 2000 serta taman kota.

Untuk lebih mengoptimalkan sarana wisata tersebut agar menarik dan terpelihara dengan baik, maka pengelolaannya sebaiknya ikut melibatkan pihak swasta, sehingga bisa menghasilkan pemasukkan untuk kas daerah.

"Jika sejumlah obyek wisata tersebut dikelola dengan baik, maka semakin menarik mengunjung untuk datang, tentunya akan menghasilkan pemasukkan kas daerah," kata Erman.

Dia menjelaskan, saat ini sudah banyak daerah yang mempercayakan pengelolaan obyek wisata kepada pihak swasta, sehingga penataan lebih menarik pengunjung, yang tentunya pendapatan asli daerah akan semakin meningkat dari sektor parawisata.

Erman mengatakan bahwa, saat ini ada obyek wisata yang sebelumnya menjadi andalan Kota Gorontalo dari segi pemasukan, namun sudah terbengkalai dan rusak sehingga tidak menarik lagi bagi pengunjung.

Dia mengungkapkan, saat ini bak Pemandian Potanga kondisi sangat memprihatinkan dan sudah beberapa tahun tutup, karena sarana seperti kolam sudah bocor, debit air yang masuk berkurang serta kotor.

"Bak pemandian potanga merupakan peningalan Belanda, terkenal sejak dulu namun saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak berfungsi lagi," kata Erman.

Kepala Dinas Parawisata Kota Gorontalo Efendi Rauf mengakui bahwa memang sejumah obyek wisata kondisinya saat ini sudah memprihatinkan, sehingga pemerintah berencanak agar pengelolaan akan dipihakketigakan.

Dia menjelaskan, untuk tahun 2015 ini pemerintah daerah telah mengalokasi sejumlah dana untuk merenovasi sejumlah tempat wisata, serta pengelolaannya akan diserahkan kepada swasta.

"kami memang sudah merencanakan agar pengelolaan sejumlah obyek wisata tersebut, untuk diserahkan kepada pihak ketiga," kata Efendi. (AY)
.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,