Pemerintah Pusat Bantu Pembebasan Reaktivasi Rel KA di Jabar

Pemerintah Pusat Bantu Pembebasan Reaktivasi Rel KA di Jabar

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan pemerintah pusat akan membantu proses pembebasan lahan untuk program reaktivasi sejumlah jalur rel kereta api di Jawa Barat.

"Bantuan pusat ini diberikan agar reaktivasi sejumlah jalur kereta bisa dipercepat. Untuk reaktivasi ini sudah ada kebijakan dari pak menteri," kata Deddy Mizwar, di Bandung (8/2/2015).

Ia menuturkan walaupun ada kepastian bantuan dari pemerintah pusat, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan jalur rel kereta api mana yang akan direaktivasi mana.

"Demikian juga dengan anggaran yang akan digelontorkan pusat untuk membantu reaktifasi ini. Semuanya dilaksanakan mulai tahun ini. Mungkin selesai juga tahun ini," kata dia.

Menurut dia, program reaktivasi jalur rel kereta api yang akan dilaksanakan tahun ini di antaranya adalah jalur Tanjungsari-Rancaekek, lalu Jalur Cibungur yang dari arah Cirebon ke Bandung.

"Insya Allah, bulan Februari ini kita akan masukkan untuk usulan di perubahan di APBN-P. Usulan dari Jabar untuk masuk di perubahan," kata dia.

Ia mengatakan sebenarnya telah ada alokasi untuk pembangunan infrastruktur di Jabar tetapi pihaknya melihat ada yang aneh karena jumlahnya relatif kecil terutama jika dibandingkan dengan alokasi anggaran untuk provinsi lain seperti Banten dan Provinsi DIY.

"Dalam APBN murni ada, justeru itu saya lihat lebih kecil dibanding Banten dan DIY. Ternyata ada yang belum dimasukkan. Angkanya saya tidak hapal. Tapi dibandingkan Banten dan DIY kok kecil," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Deddy Taufiq menambahkan reaktivasi jalur Rancaekek-Tanjungsari akan segera dilakukan supaya seluruh moda transportasi bisa terkoneksi.

"Salah satu jalur yang akan direaktivasi ialah untuk menunjang akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka," kata dia.

Menurut dia, untuk reaktivasi jalur Rancaekek-Tanjungsari, kata Deddy, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT KAI dan berbagai upaya sudah disusun terlebih saat ini sudah terjadi alih fungi pada jalur kereta api yang sudah lama tidak aktif. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,