Harga Premium Februari Bisa Rp 6.000 per Liter

Harga Premium Februari Bisa Rp 6.000 per Liter

Ilustrasi.(Foto:rzl)

Jakarta - Adanya revisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM nomor 39 tahun 2014, menetapkan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam sebelum sebulan sekali dan diubah menjadi setiap dua minggu.
 
Menurut Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Sony Keraf, harga BBM bersubsidi jenis premium pada pertengahan bulan Februari ini akan menyentuh Rp 6.000 per liter. Hal itu dikarenakan harga minyak dunia masih berada dalam tren melemah.
 
"Sesuai dinamika crude oil, per Februari ini bisa menyentuh Rp 6.000," katanyaMinggu (8/2). Meski begitu, pemerintah akan menetapkan besaran batas bawah dan atas untuk harga BBM. Nantinya penetapan tarif atas dan bawah berguna untuk memberikan ruang fiskal bagi negara. "Ada ruang fiskal, yang nantinya tidak merugikan negara," tegasnyanya.
 
Seperti diketahui, saat ini harga BBM jenis premium dibanderol Rp 6.700 per liter dan solar Rp 6.400 per liter. Penetapan harga BBM itu mengacu kepada harga minyak mentah.
 
Per Januari, harga rata-rata minyak mentah Indonesia berdasarkan perhitungan Formula ICP mencapai 45,30 dolar AS per barel, atau turun 14,26 dolar AS per barel dari Desember 2014 yang mencapai 59,56 dolar AS per barel. Sementara harga Minas/SLC mencapai 45,56 dolar AS per barel, turun 14,44 dolar AS per barel dari bulan sebelumnya yang mencapai 60 dolar AS per barel.
 
Penurunan harga minyak mentah Indonesia tersebut, sejalan dengan perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional, akibat beberapa faktor. Salah satunya meningkatnya pasokan minyak mentah OPEC, khususnya dari Irak.
 
Produksi minyak mentah Irak mencapai 4 juta barel per hari, meningkat kurang lebih 300 barel per hari dibandingkan proyeksi bulan sebelumnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,