Kubu Jokowi Kalah Empat Kali di DPR

Kubu Jokowi Kalah Empat Kali di DPR

Kubu Jokowi Kalah Empat Kali di DPR. (Foto: ANTARA)

Jakarta - Paling tidak Koalisi Indonesia Hebat sudah mengalami empat kali kekalahan di DPR. Penyebabnya, koalisi yang mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tersebut lamban dalam merespons sinyal dan dinamika politik yang berkembang.


"Ini kegagalan koalisi yang dipimpin PDIP dalam merespons sinyal-sinyal politik sejak sebelum pilpres sampai setidaknya hari ini," kata pengamat politik Heri Budianto, Kamis (2/10/2014).

Empat kekalahan tersebut mulai dari UU MD3, Tatib DPR, UU Pilkada dan paket pimpinan DPR dini hari tadi bukanlah peristiwa politik yang tiba-tiba muncul. "Ini merupakan kronologi politik yang sudah berjalan sejak lama," katanya.

Menurut Heri, jika PDIP bisa mendesak Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sejak dulu untuk membuka ruang komunikasi politik pada elit parpol yang sekarang ada di kubu Koalisi Merah Putih. Termasuk komunikasi dengan Presiden SBY, maka ceritanya akan lain. 

"Jika Bu Mega dan Pak SBY sudah dipertemukan sejak jauh-jauh hari, PDIP dan koalisi tidak akan mengalami kegagalan bertubi-tubi seperti ini," ungkapnya. Kini, semuanya sudah terlambat apalagi untuk menggaet Demokrat untuk koalisi di parlemen. "Sebab Demokrat sudah menunjukkan sikap ke KMP". (Jr.)**

Heri menilai, memang ada upaya keras elit PDIP untuk mempertemukan Megawati dan SBY. Namun, Heri melihat pertemuan kedua tokoh itu tidak akan mengubah peta di DPR. (Jr.)**

.

Categories:Politik,