Empat Calon dalam Pemilihan Presiden FIFA Disetujui

Empat Calon dalam Pemilihan Presiden FIFA Disetujui

Empat Calon dalam Pemilihan Presiden FIFA.

Lausanne - Komite pemilihan FIFA pada Selasa (10/2/2015) WIB menyetujui pejabat petahana Sepp Blatter dan tiga rivalnya untuk mengikuti pemilihan presiden badan sepak bola dunia yang akan diselenggarakan pada 29 Mei itu.

Blatter, yang telah menduduki posisi tersebut sejak 1998, mendapat perlawanan dari presiden federasi sepak bola Belanda Michael van Praag, Pangeran Jordania Ali bin Al Hussein, yang sekaligus merupakan wakil presiden FIFA, dan legenda sepak bola Portugal serta mantan peraih Ballon d'Or Luis Figo.

Pernyataan FIFA mengatakan keempat kandidat itu telah melewati "pemeriksaan-pemeriksaan integritas" sehingga mereka dapat mengikuti pemilihan presiden.

Di kongres FIFA, sang pemenang harus mendapatkan mayoritas suara dari 205 anggota FIFA.

Blatter, yang akan berusia 79 tahun saat pemilihan itu dilakukan, merupakan favorit kuat untuk memenangi masa jabatannya untuk kelima kalinya, namun ia menghadapi tentangan yang dipimpin kubu Eropa, sebagian besar terkait dengan pemilihan kontroversial untuk memberikan hak kepada Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, dan dampak lanjutan atas pencalonan negara Timur Tengah itu.

Bagaimanapun, pria Swiss ini mendapat dukungan kuat dari konfederasi Afrika dan Asia. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,