75.000 Toko dan Kios Tutup Lantaran Banjir

75.000 Toko dan Kios Tutup Lantaran Banjir

Foto ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta -  Akibat banjir yang melanda berbagai wilayah di DKI Jakarta, menyebabkan sedikitnya 75.000 kios dan toko diperkirakan tutup.
"Diperkirakan ada 75.000 ribu kios dan toko yang tersebar di pusat-pusat perbelanjaan di wilayah kota Jakarta yang tutup," kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, di Jakarta, Selasa (10/2).
Menurut Sarman, banjir yang sudah melanda Jakarta sejak kemarin membuat aktifitas transportasi di DKI Jakarta lumpuh. Hal itu pula yang membuat banyak kios dan toko tidak beroperasi alias tutup.
"Meski mall buka, kios dan toko lainnya banyak yang tutup dan pengunjung pun sepi, akibat transportasi yang tidak bisa tembus ke lokasi dan banyak karyawan yang tidak masuk kerja," tambahnya.
 
Dia mengatakan, pusat-pusat bisnis di lima wilayah Kota Jakarta dari pengamatan yang telah dilakukan puluhan ribu kios dan toko tidak beroperasi. Misalnya, wilayah Jakarta Timur di sepanjang Jatinegara Plaza, di wilayah Jakarta Barat Ciputra Mall, Citra Mall, Central Park, Glodok City, Pasar HWI, Glodok Jaya, Glodok Mangga Besar, Puri Indah Mall, Roxi Square, Mall Taman Anggrek dan WTC Mangga Dua.
Sementara di Jakarta Pusat ada ITC Harco Mas, Mangga Dua Mall, Plaza Harco Electronic, dan pusat bisnis yang paling banyak terganggu adalah di daerah Jakarta Utara di sana ada Mangga Dua Square, Electronic City, ITC Mangga Dua, Kelapa Gading Mall, Mall Artha Gading, Mall Kelapa Gading Square, Mall Sport Kelapa Gading, ITC Mangga Dua, Mall Kelapa Gading.
"Sedangkan pusat bisnis wilayah Jakarta Selatan lebih cenderung tidak separah di wilayah lain," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,