9.000 Pengungsi Banjir Jakarta Kembali ke Rumah

9.000 Pengungsi Banjir Jakarta Kembali ke Rumah

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan, sejak siang hingga malam hari cuaca Kota Jakarta bersahabat, yang membuat genangan banjir di beberapa wilayah Jakarta mulai surut.
Para pengungsi pun mulai kembali ke rumah mereka. "Warga di daerah pengungsian sudah kembali ke rumah masing-masing. Total sudah ada 9.000 pengungsi yang kembali hingga sore tadi," kata Bambang, Selasa (10/2).

Meski warga telah kembali secara bertahap, BPBD masih terus melakukan pemantauan dan menyiagakan pos pengungsian. Ini dilakukan sebagai antisipasi bila banjir kembali menerjang. Tempat pengungsian warga dengan fasilitasnya sudah siap menampung warga.

Bambang mengakui, pihaknya sempat kaget dengan peristiwa hujan sejak hari Minggu malam hingga Selasa dini hari.Hujan yang mengguyur ibu kota merupakan hujan lokal, di mana BPBD belum mempunyai kemampuan mumpuni untuk peringatan dini.

Kondisi sungai-sungai di sekitar Jakarta relatif normal. Meski sempat terkejut, Gubernur DKI langsung mengambil langkah. Berdasarkan Instruksi Gubernur No. 53, semua pihak mendekatkan diri ke daerah genangan.

"Atas kejadian kemarin, kami akan evaluasi dalam 2-3 hari ke depan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,