274 Kabupaten/Kota Teridentifikasi Banjir

274 Kabupaten/Kota Teridentifikasi Banjir

Peta Indeks Ancaman Banjir di Indonesia

Jakarta- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, saat ini teridentifikasi sebanyak 274 kabupaten/kota yang rawan bencana alam seperti banjir dan longsor.


"Termasuk di dalamnya daerah yang rawan banjir dan longsor seperti DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat," kata Khofifah disela-sela "blusukan" ke lokasi banjir di Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, Rabu (11/2/2015).

Khofifah mengatakan, Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah berkoordinasi melakukan berbagai persiapan untuk penanganan bencana.

Kemensos menganggarkan sebesar Rp235 miliar untuk perlindungan korban bencana alam dalam APBN 2015 dan ditambah Rp70 miliar pada APBN Perubahan.

Dalam setiap penanganan bencana, Kemensos bertugas memfasilitasi warga yang menjadi korban dan mengungsi terutama pada saat tanggap darurat.

Tugas Kemensos yaitu menyiapkan dapur umum, menyiapkan perlindungan terutama pada penyiapan tenda, family kit dan kids ware.

"Komandannya tetap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), leading sectornya pemerintah daerah. Khusus banjir DKI maka leading sector dari pemerintah adalah dari PU," jelas Khofifah. (AY)
.

Categories:Infotech,
Tags:bencana,

terkait

    Tidak ada artikel terkait