Asiana Airlines Beli 25 Pesawat A321neo

Asiana Airlines Beli 25 Pesawat A321neo

Ilustrasi Foto.(Net)

Jakarta  - Maskapai penerbangan Korea Selatan, Asiana Airlines, telah menandatangani Letter of Intent dengan Airbus untuk pembelian 25 pesawat lorong-tunggal (single aisle) A321neo sebagai bagian dari program modernisasi armadanya. 
 
Di kelas pesawat terbang komersial lorong tunggal, A321neo ini adalah model terbesar keluarga A320 dengan biaya operasional terendah.
 
Dengan kapasitas 180 penumpang dalam pengaturan dua kelas, pesawat baru ini akan dioperasikan untuk rute penerbangan domestik dan regional. Asiana akan memutuskan pilihan mesin bagi pesawat barunya itu  dalam beberapa waktu mendatang.
 
A321neo itut akan bergabung dengan armada tipe A320 lain yang telah dioperasikan Asiana Airlines dan Air Busan, anak perusahaan maskapai penerbangan berbiaya rendahnya. A321 akan menjadi tipe pesawat lorong-tunggal utama untuk kedua maskapai tersebut.
 
“Kesuksesan tipe keluarga A320 telah teruji bersama Asiana Airlines dan Air Busan, dengan kombinasi keandalan, biaya operasional yang ekonomis serta kenyamanan penumpang yang tak tertandingi,” ujar Presiden & CEO Asiana Airlines, Kim Soo Cheon, dalam keterangan tertulis diperoleh ANTARA di Jakarta, Rabu.
 
“Dengan A321neo, kami akan dapat mencapai tingkat efisiensi yang lebih tinggi lagi, dengan 20 persen penghematan bahan bakar dan peningkatan daya jelajah. Pembelian A321neo ini mempertegas strategi kami untuk mengoperasikan hanya pesawat termodern dan paling efisien yang ada di industri saat ini,” katanya.
 
“Kami bahagia dapat mengumumkan komitmen terbaru dari Asiana Airlines ini,” kata Airbus Chief Operating Officer Customers, John Leahy.
 
“A321neo akan menghadirkan biaya operasional termurah bagi maskapai tersebut di antara pesawat lorong-tunggal manapun, serta dapat menerbangkan penumpang dengan kenyamanan tinggi hingga selama enam jam,” katanya. 
 
“Akan menjadi kebanggaan bagi kami untuk melihat A321neo terbang dalam balutan warna Asiana, sebagai bagian dari armada yang mencakup seluruh lini produk Airbus di dalamnya,” kata Leahy. 
 
Asiana Airlines saat ini mengoperasikan 33 pesawat lorong-tunggal Airbus, 15 pesawat bodi-lebar A330-300 serta dua unit A380 yang bertingkat dua. 
 
Selain komitmen barunya untuk A321neo, maskapai tersebut masih memiliki pula pesanan atas empat A320 dan 30 A350 XWB untuk dioperasikan di rute penerbangan jarak jauhnya. Sementara itu, Air Busan kini mengoperasikan sembilan pesawat A320 pada rute penerbangan regional dan domestiknya.
 

A321 merupakan varian terbesar dari keluarga pesawat lorong-tunggal A320. Hingga hari ini, tipe A320 telah dipesan lebih dari 11.500 unit, sementara 6.400 unit telah dikirimkan kepada 400 pelanggan dan operator di seluruh dunia.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,