Grup Barongsai Marema Sambut Imlek

Grup Barongsai Marema Sambut Imlek

Pertunjukan barongsai laris saat perayaan Imlek. (Foto : ADE)

Bandung – Menghadapi Tahun Baru China atau Imlek 2566, puluhan grup
barongsai sudah banyak disewa untuk tampil di berbagai acara. Imlek sangat kental dengan pementasan kesenian tradisional khas China, barongsai yang biasa dimainkan di kelenteng, vihara, mal, atau kawasan Pecinan.

Menurut pengelola grup barongsai di daerah Jl. Luna, Cibadak, Kota Bandung, Ahyong, banyaknya pesanan penyewaan grup barongsai menjelang Imlek membuat omset grup seni baronsainya meningkat.

“Pada Imlek tahun ini, kita bersyukur omset meningkat cukup tinggi. Banyak pesanan untuk menyewa grup barongsai kita membawa rezeki tersendiri bagi para pengelola atau pemain barongsai,” cerita Ahsyong saat ditemui di daerah Jl. Cibadak, Kota Bandung, Rabu (11/02/2015).

Selama Imlek, grup barongsai yang dikelolanya bisa tampil hingga 25 pertunjukan baik sebelum dan sesudah Imlek.

“Biasanya kita disewa untuk pentas di vihara-vihara di daerah Cibadak, lalu ada juga karnaval atau atraksi barongsai keliling ke warga atau ke toko-toko,” ungkap Ahsyong.
Dalam setiap pertunjukan barongsai dalam perayaan Imlek, biasanya grup barongsai menurunkan sedikitnya 10 personil untuk melakukan atraksi. Biasanya mereka menampilkan berbagai atraksi menantang seperti melewati patok besi, atau rintangan lainnya.

Untuk menghasilkan pertunjukan atraksi barongsai yang berkualitas, para pemain atau atlet barongsai harus melakukan latihan penuh selama 2-3 bulan. Dengan latihan itu diharapkan para pemain barongsai bisa fasih memeragakan atraksi tanpa kesalahan sedikitpun.

.

Categories:Bandung,
Tags:wisata,