Pelaku UMKM Harus Dikembangkan

Pelaku UMKM Harus Dikembangkan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus dikembangkan melalui pembentukan sumber daya manusia yang andal serta pewarisan dan penyebaran ilmu," kata Rektor ITB, Kadarsyah Suryadi pada "The 2nd International Conference on Human Capital and Knowledge Management 2015" di Bandung, Kamis (12/2/2015).

"Ada empat hal yang bisa dilakukan agar suatu usaha berjalan dengan stabil yakni bagaimana mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menularkan ilmu terkait usaha tersebut agar tidak berhenti di satu orang saja," katanya.

Keempat hal tersebut menurut Kadarsyah dapat diusahakan dengan memberikan pendampingan terhadap pelaku usaha atau melalui dokumentasi tertulis.

Kadarsyah menegaskan poin keempat terkait pewarisan ilmu, terutama melalui dokumentasi atau pengarsipan sangat penting dilakukan oleh para pelaku usaha agar ketika orang yang menguasai ilmu itu sudah meninggal, ilmu pengetahuan terkait usaha tersebut tidak berhenti sampai di situ.

"Rata-rata perusahaan yang sudah besar itu bagus dari segi dokumentasi ilmunya. Itulah yang membuat perusahaan tumbuh dan stabil," katanya.

Sementara itu, Dekan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, Sudarso Kaderi Wiryono menegaskan perlunya berbagi pengalaman dan ilmu dari pengusaha-pengusaha besar melalui pendampingan.

"Selain itu, inkubasi bisnis bisa dilakukan agar para pengusaha UMKM bisa berkembang," tambahnya.

Terkait isu Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dibuka tahun 2015, Sudarso menekankan agar para pelaku UMKM serta lulusan perguruan tinggi memiliki wawasan global agar tidak kalah saing dengan lulusan dari luar negeri. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:bandung,