DPRD DKI Berencana Memakzulkan Ahok

DPRD DKI Berencana Memakzulkan Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.(Foto:Net)

Jakarta - Dewan Legislatif yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik, berencana untuk memakzulkan Ahok. Rencana tersebut sudah disetujui oleh seluruh anggota dewan. 

"Hari Senin kita rapat impeachment. Kita semua sudah sepakat," tutur Taufik. Ia menyebutkan, perilaku Gubernur DKI itu sudah melewati batas aturan. Bahkan seenaknya dalam menjalankan roda pemerintahan. 

Salah satu pelanggaran hukum yang dilakukan Ahok adalah mengajukan Draft RAPBD yang tidak disetujui DPRD. Ia pun sering membuat kebijakan tanpa meminta persetujuan dan pembahasan dari pihak legislatif. Misalnya, TKD dan anggaran biaya tidak terduga. 

Taufik melihat,  Ahok tidak mengerti aturan hukum dan tata pemerintahan dengan baik. Dalam Undang Undang negara dijelaskan, pemilik fungsi bugeting adalah DPRD. Namun Ahok mengambil alih fungsi itu ke ranah eksekutif. "Jangan dipikir ini sama dengan koko kelontong. Menjalankan pemerintahan harus mengikuti aturan," tegas Taufik. 

Sebelumnya, beberapa anggota dewan daerah dari Fraksi PDIP dan PKS, sempat mengutarakan kekecewaan mereka terhadap Gubernur DKI itu. Anggota Fraksi PDIP, Gembong Warsono menyampaikan, "Ya Ahok boleh punya planing sendiri. Tapi mau tidak mau ya harus ikut aturan."

Sedangkan Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi PKS menuturkan, perilaku Ahok sudah melewati batas. Sebab mudah menuduh DPRD DKI yang bukan-bukan, seperti menuduh surat resmi dari pimpinan legislatif sebagai oknum. Padahal, ia sendiri yang tidak mengerti aturan. "Ini sudah sangat keterlaluan," ungkapnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:politik,