PSSI Apresiasi Pemain Muda Papua ke Eropa

PSSI Apresiasi Pemain Muda Papua ke Eropa

ilustrasi

Jayapura - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin memberikan apresiasi kepada pemain-pemain muda Papua yang akan menimba ilmu di Belanda melalui Asosiasi Mantan Pemain Persipura yang bekerjasama dengan Reliv Christa Fc Holandia Papua Indonesia.

"Terima kasih kepada yang ingin membantu membangun sepak bola Indonesia melalui pembinaan usia dini dan usia muda, atau mungkin lewat turnamen-turnamen dan festival bola," kata Djohar Arifin saat berada di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (14/2/2015).

AMPP bekerjasama dengan Reliv Christa Fc Holandia Papua Indonesia sedang mencari 30 orang pesepakbola muda asal daerah itu untuk dipromosikan menjadi pemain profesional di tingkat Eropa.

Puluhan pemain muda Papua itu akan tinggal di markasnya klub elit Belanda, Ajax Amsterdam selama enam bulan guna mengikuti serangkaian latihan intensif terkait sepak bola.

"Jadi dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini membuat anak-anak kita termotivasi untuk berlatih karena, punya kalender turnamen, seperti U-12, U-13 hingga U-19," katanya.

Kepedulain akan pembinaan sepak bola diusia dini dan muda, kata Djohar perlu ditindaklanjuti dan didukung oleh semua pihak agar persepakbolaan di tanah air bisa terus regenerasi.

"Jadi kita harapkan juga pada kantor atau dinas dan swasta, jika merayakan HUT, tolonglah salah satu acaranya ada perlombaan, pertandingan atau festival sepak bola untuk usia-usia muda, turnamen-turnamen. Sehingga keberadaan perusahaan itu sangat meriah, diketahui oleh anak-anak ada perahatian terhadap sepak bola, masyarakat sangat menghargai itu," katanya.

Namun, pembinaan atau pun pelaksanaan turnamen diharapkan selalu berkoordinasi dengan Asprov PSSI setempat agar kegiatan tersebut mendapat dukungan.

"Kami mendengar ada yang membentuk tim ditiap kabupaten bahkan klub dengan banyak even, dan juga ada yang dikirim untuk uji tanding ke Singapura hingga Eropa, melalui SSB yang ada," katanya.

"Tapi kita harapkan juga supaya, diketahui perkembangan, koordinasilah dengan Asprov-Asprov daerah, sehingga pemain-pemain yang baik yang punya potensi bisa terdata sehingga bisa dipromosikan untuk pemain nasional, jadi koordinasi sangat perlu," katanya.

Djohar menambahkan apa yang dilakukan oleh AMPP dan Reliv Christa Fc Holandia Papua Indonesia merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap pembinaan dan peningkatan prestasi dunia sepak bola.

"Saya juga mendengar di Papua, ini juga ada tim U-19, yang mau di uji coba atau pun melawat ke Belanda, ini sangat bagus. Tetapi koordinasilah dengan Asprov PSSI Papua supaya dapat dukungan, bisa didukung administrasinya atau lainnya,' katanya.

"Harapannya tim-tim yang ke luar negeri itu bisa diketahui dan juga resmi diketahui oleh Asprov PSSI Papua sehingga surat-surat yang keluar bisa resmi diekathui oleh kedutaan Indonesia, juga resmi diketahui oleh KNVB di Belanda. Kita ucapkan terima kasih, ini pemain kita, tetap terdata dan nanti jadi calon-calon pemain timnas," tutupnya.

Djohar Arifin berada di Kota Jayapura sejak Jumat (13/2) pagi bersama Direktur Teknik Peter Huistra dan hari ini mengikuti Kongres Biasa Asprov PSSI Papua di Hotel Aston Jayapura. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,