Pasanggiri Tari Sunda Harus Didukung

Pasanggiri Tari Sunda Harus Didukung

Para pelajar dan mahasiswa masih banyak yang menyukai tari tradisional Sunda. (Foto : ADE)

Bandung - Jawa Barat sebagai daerah yang kaya dengan kesenian tradisional perlu mendapat dukungan besar dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam memajukan keseniannya. 

Sebab itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat diminta rutin menggelar pasanggiri tari Sunda untuk menampilkan pageleran tari Sunda, serta mengkampanyekan minat dan bakat terhadap seni tari Sunda di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Menurut seniman tari Sunda asal Bandung, Dini Ardini, tujuan dari pasanggiri tari Sunda jika diadakan secara rutin yaitu untuk mengembangkan dan melestarikan tari Sunda di kalangan pelajar mahasiswa serta masyarakat umum.

“Pasanggiri tari Sunda bisa digelar di sekolahan, kampus, bahkan pusat perbelanjaan. Jika pasanggiri tari Sunda rutin diadakan setiap bulan, maka otomatis tari Sunda akan kembali banyak diminati,” ucap Dini saat ditemui di Yayasan Pusat Kebudayaan, Kota Bandung belum lama ini.

Dini menambahkan, penyelenggaraan pasanggiri tari Sunda berguna untuk melihat sejauh mana minat bakat pelajar dan mahasiswa terhadap kebudayaan tradisional Sunda.

“Dengan pasanggiri bisa menarik minat pelajar serta mahasiswa terhadap seni tradisional Sunda terutama tarian. Visi misi pasanggiri yaitu untuk memasyarakatkan budaya Sunda, karena sekarang ini kebanyakan anak muda Bandung lebih menyukai budaya dari luar negeri,” tambahnya.

Agar pertumbuhan kesenian tradisional Jawa Barat bisa terus berkembang, saat ini sudah banyak hadir sanggar seni yang mendatangkan para pengajar dari dosen tari Sekolah Tinggi Seni Indonesia dan para praktisi seni tari. Tujuannya, agar minat pelajar mahasiswa untuk menari Sunda bisa terus meningkat. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,