Tembak Mati Warga Sipil, 33 Tentara Kolombia Ditangkap

Tembak Mati Warga Sipil, 33 Tentara Kolombia Ditangkap

Tembak Mati Warga Sipil, 33 Tentara Kolombia Ditangkap. (Foto: Net)

Bogota – Sebanyak 33 tentara Kolombia ditangkap karena menembak mati seorang warga sipil. Para prajurit yang terdiri atas seorang letnan, dua bintara dan 30 tantama semuanya pria, berada dalam pengawasan dan penyelidikan karena mereka melindungi orang yang terlibat pembunuhan serta menyembunyikan, merubah dan merusak barang bukti," kata pengadilan setempat dlam satu pernyataannya, Kamis (02/10/2014).

Mereka telah ditahan di satu tempat di pangkalan militer di Cali, Kolombia, sambil menunggu hasil penyelidikan, katanya.

Penangkapan berasal dari satu insiden pada akhir pekan lalu saat tentara di pos pemeriksaan militer di daerah perdesaan bagian barat Cauca, menembak dan membunuh John Medina, seorang warga sipil.

Tentara mengakui awal pekan ini penembakan itu adalah "kesalahan militer." Dikatakan tentara di pos pemeriksaan berada dalam keadaan siaga tinggi terhadap gerilyawan di wilayah itu, ketika mereka menembaki beberapa pengendara sepeda motor dan membunuh Medina.

Dalam beberapa tahun terakhir, puluhan tentara Kolombia telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, termasuk eksekusi di luar hukum terhadap warga sipil.  Lebih dari 220.000 orang tewas selama 50 tahun perang melibatkan gerilyawan sayap kiri, paramiliter sayap kanan, kelompok perdagangan narkoba dan militer Kolombia. (AY)

.

Categories:Internasional,