Perilaku Hidup Bersih Cegah TBC

Perilaku Hidup Bersih Cegah TBC

Ilustrasi (Foto:antara)

Jakarta - Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta asupan gizi seimbang dinilai bisa menjadi salah satu upaya mencegah penyakit Tuberculosis (TB) di lingkungan masyarakat.

"Jaga kebersihan diri dan lingkungan serta jangan terkena percikan batuk, bisa menjadi upaya pencegahan TB," kata Koordinator Tim TB Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Asri Rachman di Jakarta, Minggu (15/2/2015).

Kementerian Kesehatan mencatat Jakarta menjadi salah satu kota terbesar penyumbang penyakit TB.

Untuk itu, PKPU bersama pihak Adam Bilfaqih mengadakan kegiatan Ketuk 300 untuk kampanye pencegahan TB di Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Ketuk 300 pintu ini bertujuan untuk menjaring suspect TB serta mendatanya.

Setelah terjaring, akan dilakukan pendampingan untuk melakukan pengobatan ke Puskesmas.

"PKPU dibantu Kader Kelompok Masyarakat Peduli TB. Para kader ini merupakan kader binaan PKPU selama enam bulan sehingga telah terlatih dan mengetahui banyak hal tetang TB," katanya.

Sementara itu, dalam kampanye tersebut, PKPU dan para kader memberikan edukasi berupa penyuluhan kepada warga agar waspada terhadap penyakit TB melalui poster dan lain sebagainya.

Selain itu satu rumah yang disuluh oleh mereka diberikan sabun mandi sebagai simbolis untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran penyakit TB. (AY)

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:gaya-hidup,