Pemerintah Tak Kirim Lagi TKI pada 2017

Pemerintah Tak Kirim Lagi TKI pada 2017

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan telah membuat road map mengenai pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Dalam road map tersebut, pada 2017 pemerintah tidak lagi mengirimkan para tenaga kerja ke luar negeri.
 
Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, road map tersebut merupakan jawaban atas ungkapan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu di Solo soal TKI.
"Terkait pernyataan penghentian penempatan TKI ke luar negeri, tentu akan mengikuti perintah presiden, sebelumnya kita sudah membuat road map zero PRT di 2017. Kita akan mengirimkan tenaga kerja profesi," kata Hanif di Gedung Bank Indonesia (BI) Jakarta, Senin (16/2).
 
Hanif mengatakan, penghentian TKI yang diajukan Presiden Jokowi itu,  bukan karena TKI Indonesia merupakan salah satu pekerjaan yang paling rendah kastanya. Namun lebih kepada hukum perlindungan TKI yang diterapkan masing-masing negara Asia.
 
"Penghentian pengiriman TKI itu bukan karena rendah profesinya, tetapi budaya hukum dari masing-masing negara tujuan, karena itu profesi yang halal," tambahnya.
Dengan begitu, penghentian pengiriman TKI akan tetap dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan road map yang sudah ditargetkan pada 2017.
 
"Rencana penghentian TKI itu memang menjadi kebutuhan untuk melindungi warga kita yang bekerja di luar negeri," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,