Banjir Terjang Kota Tasikmalaya

Banjir Terjang Kota Tasikmalaya

Jalan Hz Mustofa Tergenang Banjir Setelah Guyuran Hujan Deras.(Foto:Net)

Bandung - Bencana banjir menerjang permukiman penduduk di empat kecamatan, Kota Tasikmalaya, Jabar, akibatnya seratusan orang harus mengungsi.

"Warga mengungsi ke tempat pengungsian ada yang ke madrasah dan ke rumah warga yang aman dari banjir," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Soni Sudrajat, kepada wartawan di Tasikmalaya, Senin (16/2/2015).

Bencana banjir yang datang sesaat setelah hujan deras itu terjadi, Minggu (15/2) malam, melanda sejumlah kampung di Kecamatan Purbaratu, Kecamatan Kawalu, Tamansari dan Kecamatan Cibeureum dengan ketinggian air mulai betis sampai pinggang orang dewasa.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPBD tercatat di Kecamatan Purbaratu merendam 16 rumah dan 61 jiwa mengungsi, kemudian di Cibeureuum 58 jiwa mengungsi, dan Kecamatan Kawalu tiga rumah terendam.

"Itu baru data tadi siang, sekarang masih pendataan," ucapnya.

Dikatakan Soni, banjir tersebut datang cukup cepat, dan sudah mulai surut menjelang Senin pagi.

Menurut dia, banjir melanda daerah itu karena curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai sekitar permukiman warga meluap.

"Banjir di daerah tersebut karena curah hujan tinggi yang mengakibatkan sungai sekitar permukiman warga meluap," ujarnya.

Peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materi yang belum dapat diprediksi besarannya.

BPBD sudah menyalurkan bantuan berupa selimut, pakaian dan susu bayi bagi para korban banjir yang mengungsi.

"Bantuan sudah didistribusikan, dan sekarang warga juga sudah ada yang kembali ke rumahnya," kata Soni. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:bandung,