ICW Bakal Laporkan Hakim Sarpin ke KY

ICW Bakal Laporkan Hakim Sarpin ke KY

Hakim Sarpin Rizaldy.

Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, ada kejanggalan dari putusan yang diambil Sarpin. Untuk itu, pihaknya akan melaporkan hakim tersebut ke Komisi Yudisial (KY). "Mau kita laporkan Hakim Sarpin ke KY," ujar anggota ICW Emerson di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/2).
Sebelumnya, Hakim Sarpin Rizaldy memutuskan mengabulkan sebagian gugatan praperadilan yang dilayangkan Komjen Pol Budi Gunawan, dan menyatakan penetapan tersangka terhadap calon kapolri tersebut tidak sah.

"Kita juga lapor ke sisi pengawasan di MA. Pelanggaran etik bisa diperiksa secara internal dan eksternal, ke KY dan MA sendiri," katanya.

Menurut Emerson, Sarpin telah melampaui kewenangan karena lingkup praperadilan terbatas. Dalam Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), gugatan dari seorang tersangka tidak bisa masuk dan bahkan diputuskan di praperadilan.

"Praperadilan hanya bisa mengadili beberapa hal sesuai di KUHAP, dan penetapan tersangka nggak masuk di situ," tuturnya.

Emerson mencontohkan, kasus pengabulan gugatan yang dilakukan hakim untuk seorang tersangka juga pernah terjadi dalam kasus dugaan korupsi proyek bioremediasi PT Chevron Pacific Indonesia, dalam sidang yang digelar pada 2012 lalu.

Sang hakim sidang praperadilan, Suko Harsono saat itu dimutasi ke daerah seusai memutuskan penetapan Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap Bachtiar Abdul Fatah tidak sah. Suko dianggap MA telah melanggar batas kewenangan dengan memutuskan status tersangka.

"Saya lihat ada intervensi pada Sarpin. Ini sudah ketebak bakal memenangkan BG. Rekam jejaknya, dia (Sarpin) pernah dilaporkan delapan kali dan pernah diperiksa di internal MA sebanyak dua kal," tegas Emerson. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:kpk,politik,