Belanja Online Negara Berkembang Kalahkan Negara Maju

Belanja Online Negara Berkembang Kalahkan Negara Maju

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Credit Suisse Research Institute (CSRI) dalam surveinya mencatat, pertumbuhan e-commerce di negara berkembang jauh lebih besar dibandingkan di negara maju.

Global Co-Head Securities and Analytics Research Credit Suisse Stefano Natella mengatakan, lewat survei 2015 yang dilakukan CSRI, terdapat harapan positif pertumbuhan e-commerce di negara berkembang, dengan indikasi bahwa presentase e-commerce terhadap perdagangan ritel.
 
Survei itu dilakukan di sembilan negara, yaitu Brasil, Tiongkok, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan Turki.
 
"Ada beberapa faktor yang mendukung kesimpulan itu, kurang berkembangnya sektor ritel di dunia nyata khususnya di daerah pedesaan, pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah konsumen yang mengakses internet melalui smartphone telah mendorong peningkatan pengeluaran, serta faktor mendasar yang memicu perluasan pendapatan yang siap dibelanjakan," kata Stefano di Jakarta, Senin (16/2).
 
Survei itu, diperkirakan dapat meningkatkan total perdagangan ritel online tahunan di seluruh negara hingga mencapai 3 triliun dolar AS. Peningkatan itu dapat berpengaruh pada perusahaan di berbagai sektor, termasuk ritel, keuangan, keamanan, dan teknologi.
 
Stefano mengatakan, fenomena menarik terjadi pada pertumbuhan perdagangan online di India. Sebanyak 32 persen responden di India menggunakan Internet untuk berbelanja secara online, meningkat dari 20 persen pada 2013. (Jr.)**
.

Categories:Info Bisnis,
Tags:ekonomi,