Polisi Garut Bekuk Dua Pengedar Uang Palsu

Polisi Garut Bekuk Dua Pengedar Uang Palsu

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Kepolisian Resor Garut, Jawa Barat, menangkap dua pengedar uang palsu berikut barang bukti lembaran uang palsu berjumlah Rp 34.200.000 pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu.

"Kami mengamankan dua pelaku yang menyimpan dan mengedarkan uang palsu di kawasan Salakuray, Kecamatan Bayongbong," kata Kepala Satreskrim Polres Garut AKP Dadang Garnadi kepada wartawan, Senin (16/2/2015).

Uang palsu yang hampir mirip dengan aslinya itu dibawa tersangka yakni inisial SH (39) warga Jakarta Timur dan AH (43) asal Sulawesi Selatan yang mengaku sebagai anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan intelejen suatu lembaga.

Tersangka mengaku uang tersebut total sebelumnya Rp55 juta, sementara yang disita berupa 644 lembar pecahan Rp50.000 dan 20 lembar pecahan Rp100.000 atau total berjumlah Rp34.200.000, sedangkan sisanya dibawa seorang tersangka yang masih dalam pengejaran polisi.

"Nominal uang palsu semuanya Rp55 juta, namun sebanyak Rp20.800.000 telah dibawa tersangka MS yang masih buron," katanya.

Dadang mengatakan, uang palsu itu akan digunakan tersangka untuk menipu orang dengan cara ritual dapat menggandakan uang.

Tersangka, lanjut Dadang, akan meminta korbannya untuk menyiapkan uang asli, kemudian melalui ritual khusus akan digandakan yang nyatanya diganti oleh uang palsu.

"Modus peredaran uang palsu itu dengan cara mereka dapat menggandakan uang, jadi uang palsu nanti akan ditukar dengan uang asli yang diserahkan korbannya," kata Dadang.

Polres Garut rencananya akan berkoordinasi dengan Polres Sumedang yang telah lebih awal mengungkap peredaran uang palsu untuk mengetahui tersangkanya satu jaringan atau tidak.

Selain itu, Polres Garut juga sedang mengejar tiga orang lainnya yang memberikan uang palsu kepada dua tersangka itu.

Dua tersangka sementara di tahan di Markas Polres Garut dan dijerat Undang-undang RI Tahun 2011 Tentang Mata Uang, pasal 36 ayat 2 dan 3 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:kriminal,