10 Wajib Pajak Nakal, Negara Dirugikan Rp 33 Triliun

10 Wajib Pajak Nakal, Negara Dirugikan Rp 33 Triliun

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bogor - Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf melaporkan, terjadi banyak kecurangan dalam hal pembayaran Wajib Pajak (WP), baik pribadi maupun perusahaan. Sebanyak 3.100 kasus WP besar yang kini tengah diselidiki.
 
"Kita sudah mengirim 33 Laporan Hasil Analisis Pajak itu berhasil masuk uang sekitar Rp 2 triliunan. Kita juga lagi menyidik 3.100 kasus wajib pajak besar, tapi itu sudah selesai. Di antaranya 10 orang dapat Rp 33 triliun," kata Yusuf di Istana Bogor, Jawa Barat (17/2).
 
Menurutnya, dalam WP besar itu terdiri atas pribadi maupun perusahaan yang nakal. Tidak tanggung-tanggung, jumlah WP besar ini mencapai Rp 1,9 triliun per wajib pajak. Sayangnya, dia enggan menjabarkan siapa saja yang termasuk dalam kasus tersebut.
 
"Ada pribadi ada perusahaan. Nah ukuran besar itu range-nya antara Rp 168 juta sampai dengan Rp 1,9 triliun per wajib pajak," tegas Yusuf.
 
Yusuf mengatakan, kehadirannya ke Istana Bogor merupakan undangan dari Presiden Jokowi untuk bagaimana peran PPATK untuk meningkatkan pemasukan bagi kas negara. "Tentang peran PPATK memberikan masukan bagi kas negara dari sisi pajak, kemudian peran PPATK untuk memberantas illegal logging dan illegal fishing," tukasnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,