Altar dan Patung di Vihara Dharma Ramsi Dibersihkan

Altar dan Patung di Vihara Dharma Ramsi Dibersihkan

Altar dan patung para dewa harus bersih jelang perayaan Imlek. (Foto : Ade)

Bandung – Menjelang hari Imlek yang tinggal beberapa hari lagi, pengurus Vihara Dharma Ramsi di Jl. Cibadak, Kota Bandung telah sibuk mempersiapkan berbagai ornamen Imlek. Termasuk membersihkan beberapa patung dewa dan meja altar, yang akan digunakan sembahyang pada hari Imlek.

 

Menurut pengelolah Vihara Dharma Ramsi, Subuana, proses pembersihan meja altar dan patung-patung dewa di viharanya sudah dilakukan sejak seminggu sebelum jatuhnya Imlek.

 

“Kita sudah melakukan bebersih di dalam vihara ini sejak satu minggu lalu, semua patung dewa kita bersihkan agar saat perayaan Imlek semuanya mengkilat, termasuk meja altar dan beberapa meja persembahan,” terang Subuana belum lama ini

 

Subuana melanjutkan, secara pemahaman orang Tiongkok, bahwa satu minggu sebelum jatuh hari Imlek, para dewa pergi ke kayangan, jadi patung dewa sangat cocok dibersihkan saat mereka sedang terbang ke kayangan.

 

“Pembersihan patung dewa itu harus sudah selesai sebelum malam Imlek datang, karena biasanya para dewa kembali ke bumi saat menjelang malam Imlek,” lanjutnya.

 

Sedangkan untuk meja altar atau meja persembahan, alat ini akan digunakan mulai malam Imlek atau pada tanggal 18 Februari 2015. Sedangkan upacara persembahyangannya dilakukan pada 19 Februari 2015. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,