Pernak-Pernik Imlek Mulai Marak Dijajakan

Pernak-Pernik Imlek Mulai Marak Dijajakan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Pernak-pernik perayaan Tahun Baru Cina atau dikenal Imlek, mulai banyak diburu masyarakat yang merayakannya.
Pusat usat pernak-pernik Tahun Baru Cina di Jakarta, yakni terdapat di Pasar Glodok yang ada di Jalan Pancoran Jaya, atau sekitar kawasan Petak Sembilan, misalnya. Di sini dijual beberapa aneka pernak-pernik yang didominasi warna merah dan emas.
 
Adapun  pernak-pernik yang paling mencolok tentu saja lampion bercorak merah menyala. Ukuran lampion yang digantung itupun berbeda-beda sesuai dengan harganya.
"Kalau lampion berukuran kecil dijual Rp 70 ribu, sedangkan yang berukuran sedang hargany Rp 180 ribu. Kalau yang ukuran besar harganya Rp 300 ribuan," kata Haris, penjual pernak-pernik Imlek di Pasar Glodok, Jalan Pancoran Jaya, Jakarta Barat, Senin (16/2).
 
Tidak hanya lampion cantik, banyak pernak-pernik Imlek lainnya yang dijajakan. Misalnya, terdapat pajangan dan gantungan kambing, buah-buahan, angka-angka berwarna emas dengan tali berwarna merah yang dijual berkisar Rp 5 ribu sampai Rp 30 ribu.
 
“Kalau pajangan yang digantung biasanya buat hiasan di rumah, biasanya digantung di ruang tamu,” tambah Haris.
Masih ada gantungan unik lainnya, seperti koin emas kuno Tiongkok, dengan beraneka ukuran. Koin ukuran besar dijual Rp 5 ribu per keping, sedangkan ukuran kecil dijual seharga Rp 3 ribu. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:budaya,