Potensi Seni Budaya Jabar Harus Terus Digali

Potensi Seni Budaya Jabar Harus Terus Digali

Ilustrasi.(Foto:Net)

Kuningan - Besarnya kekayaan seni budaya Jawa Barat mesti digali kembali satu per satu. demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar usai meninjau Narada Art Gallery di Prima Resort Sangkanhurip Cilimus Kuningan, Rabu (18/02/2015).

Deddy mendukung penuh keberadaan galeri yang menampilkan beragam koleksi topeng khas daerah atau mancanegara ini. Untuk menampilkan semua koleksi topeng yang ada di nusantara, pasti membutuhkan gedung yang lebih besar lagi.

"Jadi topeng yang ada di sini baru sebagian kecil dari topeng nusantara. Bahkan untuk Jawa Barat belum seluruhnya. Ada yang harus dibuat kembali berdasarkan naskah kuno yang ditemukan. Ada juga yang tersisa, topeng yang asli dibuat dari ratusan tahun lalu. Cirebon saja belum selesai semua, apalagi Jabar. Tapi kini apa yang ada kita dokumentasikan dahulu, ada yang dari Bali, Batak. Saya kira kalau biacara topeng nusantara ruangan sebesar ini enggak akan cukup," ungkap Wagub Jabar.

Wagub Jabar menjelaskan, yang dilakukan oleh galeri itu selama ini merupakan langkah awal menggali dan melestarikan seni budaya Nusantara. Namun, mesti melibatkan para ahli dibidangnya agar pendokumentasian sejarah, seni budaya ini bisa dipertanggung jawabkan keautentikannya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:budaya,