Harga Minyak Mentah Turun ke 50,23 Dolar AS per Barel

Harga Minyak Mentah Turun ke 50,23 Dolar AS per Barel

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Harga minyak minyak di pasar berjangka Amerika Serikat (AS) terkoreksi sekitar 3 persen, dalam satu pekan terakhir menjadi 50 dolar AS per barel. Ini terjadi usai data yang menunjukkan persediaan minyak mentah AS  tumbuh secara tajam.
Mengutip Reuters, Kamis (19/2) minyak mentah AS untuk pengiriman Maret jatuh ke sesi yang cukup rendah, yaitu 50,23 dolar ASper barel, turun hampir 2 dolar AS dari hari Rabu lalu.
 
Minyak mentah Brent untuk pengiriman April belum diperdagangkan, setelah jatuh sekira 2 dolar AS menjadi 60,53 dolar AS per barel.
Stok minyak mentah di AS naik 14,3 juta barel pekan lalu didukung dengan kelompok industri American Petroleum Institute mengalami kenaikan 3,2 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis. Hal ini merupakan pertumbuhan terbesar sejak tahun 1982 berdasarkan Data Administrasi Informasi Energi AS.
Aksi jual pasar dipercepat pada Rabu sore menyusul kebakaran dan ledakan di unit pengolahan bensin di kilang milik Exxon Mobil di Torrance, California, dekat Los Angeles.
 
Analis mengatakan, harga minyak mentah pada bulan lalu lebih rendah dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya karena pertempuran di Timur Tengah dan penurunan jumlah rig di AS membuat kekhawatiran atas tingginya pasokan dan lesunya permintaan.
Selain itu, impor minyak mentah Jepang, pembeli terbesar keempat di dunia, turun 7,2 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya. Perdagangan menjadi landai di Asia karena pasar di Cina, Singapura dan beberapa negara lain telah ditutup untuk liburan Tahun Baru Imlek. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:bbm,