Ombudsman RI dan Pemkot Jajaki Kerja Sama

Ombudsman RI dan Pemkot Jajaki Kerja Sama

Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana. (Foto: Net)

Bandung - Ombudsman RI dan Pemkot Bandung akan menjajaki kerja sama, dalam rangka menginvestigasi pelayanan publik di kota yang dijuluki Paris van Java ini. Pemerintahan bisa berjalan baik karena tiga hal, yaitu sistem yang dibangun, partisipasi masyarakat, dan birokrasi.

Hal itu disampaikan Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana, saat mengadakan kunjungan ke rumah dinas Walikota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Jalan Dalem Kaum, Jumat (3/10/2014).

“Saya tadi ingatkan pada beliau, Pak Wali jangan percaya sistem. Bisa jadi sistemnya baik, tapi perilaku aparaturnya tidak sejalan. Makanya kita menyambut untuk kerja sama investigasi pelayanan publik di sini. Nanti Ombudsman RI dan Jabar juga Pemkot Bandung. Kita akan buat MoU-nya,” ujar Danang, usai pertemuan dengan walikota.

Ia mengaku, bagaimana model kerjasamanya akan disiapkan dalam satu bulan ini. Nantinya tanpa sepengetahuan aparat tim ombudsman akan menginvestigasi kelakuan aparat dalam pelayanan publik.

“Bandung ini sudah bagus, sejak dipimpin beliau menjadi kota inovatif. Publik di Bandung juga tidak apatis. Misalnya, soal penilaian kepada camat dan lurah, mereka mau melakukannya. Walikota-nya juga tipis kuping, dia sangat akomodatif. Nah tinggal aparatnya,” bebernya.

Danang pun berharap, sistem pemerintahan yang sudah bagus di Kota Bandung ini bisa diterapkan di kota-kota lainnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ridwan Kamil menyatakan soal MoU untuk melakukan investigasi pelayanan publik akan dibahas lebih lanjut. “Tadi kan baru obrolan. Saya kan memang ingin semuanya itu berbasis survei,” ujar Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil. (Jr.)*

.

Categories:Bandung,