Atraksi Barongsai Tarik Perhatian Ribuan Warga

Atraksi Barongsai Tarik Perhatian Ribuan Warga

Barongsai saat menghibur masyarakat di pusat perbelanjaan BTM, Kota Bandung. (Foto : Ade)

Bandung - Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2566 tidak hanya dirasakan oleh kaum Tionghoa. Terbukti setiap menyambut Imlek, masyarakat pribumi pun ikut heboh dengan mengikuti perayaan tradisi khas Cina itu. 
 
Di Kota Bandung, Jawa Barat, perayaan Imlek terbilang cukup meriah. Di setiap hotel atau pusat perbelanjaan, manajemen sengaja membuat acara perayaan seperti menggelar barongsai, dan pertunjukan khas asli negeri tirai bambu.
 
Berdasarkan pantauan di beberapa tempat di Kota Bandung, aksi barongsai memang selalu disuguhkan. Misalnya, di Plaza Jatinangor, Trans Studio Mal, Ciwalk, Parijs van Java, Bandung Indah Plaza, Istana Plaza, Bandung Trade Center, dan Bandung Trade Mal.
 
Di Bandung Trade Mal, Jl. Kiaracondong, sendiri acara dilakukan sejak pukul 16.00 WIB. Antusias warga untuk melihat atraksi Barongsai cukup tinggi, terlihat mereka sudah lama mengantri dari pukul 14.00 WIB.
 
Winda (26) misalnya, dia sudah datang ke BTM (Bandung Trade Mal) sejak pukul 14.30 WIB. "Saya sudah menunggu kurang lebih 2 jam 30 menitan, barongsainya belum juga datang. Namun karena penasaran ingin melihat barongsai terpaksa harus sabar, meski cukup berdesakan,” aku Winda, warga Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (19/02/2015).
 
Berbeda dengan seorang ibu, Wiwi (40), dia sengaja datang ke mal untuk membawa beberapa anaknya yang ingin sekali melihat aksi barongsai dan atraksi bela diri khas Cina.
 
“Saya sengaja pergi dengan 3 anak saya, yang sejak beberapa waktu lalu ingin nonton aksi barongsai. Daripada pergi jauh-jauh saya datang saja ke BTM ini,” cetus Dewi yang tinggal di Cikutra, Kota Bandung.
 
Untuk mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban karena membeludaknya pengunjung, manajemen BTM mengerahkan sedikitnya 15 personel Satpam untuk pengamanan acara Imlek ini.
 
Menurut salah seorang Satpam, Doni, petugas menjelang adanya perayaan Imlek di BTM sudah disiagakan sejak pukul 13.00 WIB. Pihaknya menyisir rute mana saja yang akan dilalui arak-arakan barongsai ini.
 
“Barongsai akan mengelilingi semua penjuru mal, untuk beratraksi dan meminta angpao. Jadi setiap los demi los toko barongsai akan hadir,” terang Doni.
 
Selain acara barongsai, pertunjukan Imlek di BTM menampilkan juga atraksi bela diri khas Cina seperti kungfu. Mereka memperagakan berbagai aksi dengan menggunakan tongkat, atau pedang khas Cina. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,