FiFA, Kick Off ISL Harus Tetap Digelar

FiFA, Kick Off ISL Harus Tetap Digelar

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Organisasi sepabola dunia, FIFA turut prihatin dengan ditundanya kick off Liga Super Indonesia (LSI). Hal itu tertuang dalam surat FIFA yang diterima Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono tertanggal 19 Februari 2015 dan ditandatangani Sekjen FIFA, Jerome Valcke

Dalam surat tersebut, Jerome mengatakan Badan Olahraga Profesional Indonesia (Bopi) dan Kemenpora tidak berhak menentukan kriteria klub calon peserta Indonesia Super League (ISL). Kriteria bagi klub untuk ikut kompetisi ditentikan anggota FIFA atau liga yang terafiliasi.

”Berhubungan dengan penundaan ISL, kami mengingatkan anggota FIFA harus mengelola organisasinya dengan independen dan tanpa pengaruh dari pihak ketiga. Semua sesuai pasal 13 dan 17 statuta FIFA,” kata Jerome dalam surat tersebut.

Ia juga meminta PSSI untuk bisa memverifikasi klub-klub ISL. Apalagi, PSSI punya kewenangan penuh untuk hal tersebut.

 ”Lebih jauh, dan hubungan dengan kriteria (segala sesuatu yang berefek ke klub ISL yang berpartisipasi di ISL), kami mengingatkan PSSI yang hanya anggota FIFA (atau Liga terafiliasi) dapat menjadi lisensor dan badan yang bertanggung jawab untuk mengatur dan menentukan kriteria yang mana klub harus penuhi untuk berpartisipasi (pasal 2 dan 3 FIFA Club Licensing Regulations)," ujarnya.

Bahkan, FIFA menyiratkan ancaman atas kejadian yang berimbas pada sanksi bagi sepakbola Indonesia.
”Persoalan tadi harus relevan ke FIFA, jika masih mengacu ke yang lain akan ada suspensi,” ujarnya.

Karenanya, FIFA menegaskan agar PSSI tetap menggelar kompetisi, tanpa harus mempertimbangkan pihal lain dalam hal ini Bopi dan Kemenpora.

"Karena alasan itulah kick off ISL harus digelar tanpa harus ditunda," ujarnya.

Seperti diketahui, Kemenpora dan Bopi merekomendasikan kick off ISL yang mempertemukan Persib dung melawan Persipura dan laga-laga lainnya, ditunda selama dua pekan ke depan hingga semua peserta ISL memenuhi persyaratan.(Ode)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,