Jabar Minta Bantuan Pusat Rp500 Miliar untuk PON XIX

Jabar Minta Bantuan Pusat Rp500 Miliar untuk PON XIX

Mang Surili maskot PON XIX tahun 2016. (Foto : ADE)

Bandung –Dalam mempersiapkan sarana prasarana PON (Pesta Olahraga Nasional) XIX tahun 2016, Pemprov Jawa Barat sebagai tuan rumah PON meminta bantuan ke Pemerintah Pusat sebesar Rp. 500 miliar, dana tersebut akan dipergunakan untuk membangun beberapa venue cabang olahraga yang jika dijumlahkan secara keseluruhan bisa mencapai Rp. 1 triliun.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, dana untuk persiapan PON XIX sebesar Rp. 1 triliun akan menggunakan dana APBD sebesar Rp. 500 miliar, sedangkan untuk kekurangannya Pemprov Jawa Barat meminta bantuan ke Pemerintah Pusat.

 

“Pembangunan venue PON akan menggunakan dana APBD Pemprov Jabar 2015, ini bersumber dari APBD murni bukan perubahan agar bisa mencapai target penyelesaian pada Oktober 2015. Untuk kekurangannya kita ajukan mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat,” cetus Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jumat (20/02/2015).

 

Sampai saat ini Pemerintah Pusat belum memberikan dana dukungan untuk pembangunan PON XIX, Ahmad Heryawan, berharap Pemerintah Pusat memberikan bantuan dana dari APBN murni bukan perubahan.

 

“Dengan APBN murni dananya lebih cepat keluar, namun agar pembangunan venue bisa berjalan cepat dan tepat waktu Pemprov Jabar berupaya untuk mengoptimalkannya dari dana APBD, meskipun nanti dana turun dari APBN bisa digunakan untuk kebutuhan lain,” harapnya.

 

Pembangunan venue PON jika hanya menggunakan dana APBD Pemprov Jabar maka bangunan yang dihasilkan akan berbentuk minimalis namun berstandar internasional sedangkan jika di bangun dengan dukungan dana APBN maka bentuknya akan mewah dan berkelas internasional.(Ode)**

.

Categories:Bandung,