Pulau Sumba NTT Jadi Desa Mandiri Energi

Pulau Sumba NTT Jadi Desa Mandiri Energi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Kementerian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) mencanangkan Desa Mandiri Energi (DME), sebagai solusi dari berbagai keterbatasan energi di desa tertinggal dan kepulauan.?
?Menteri Desa, PDTT Marwan Jafar mengatakan, pihaknya berencana mengerjakan DME di Kampung Waitabar, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang memiliki sumber daya energi terbarukan potensial sebagai salah satu daerah percontohan.? ?
 
“Pulau Sumba memiliki kekayaan sumber daya energi terbarukan yang signifikan. Sumber daya air, matahari, angin, dan biogas dari ternak memiliki potensi tinggi dan belum tereksploitasi,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/2).? ?
Sumba, kini telah menjadi pulau ikonis memperlihatkan bagaimana kebutuhan energi pulau kecil maupun sedang dapat dipenuhi melalui sumber energi terbarukan.? ?Selain mendukung ketahanan energi nasional, energi terbarukan bisa meningkatkan kualitas hidup penduduk, dan menjadi penunjang pembangunan untuk daerah yang sulit terjangkau.
 
Dipilihnya Pulau Sumba, menurut Marwan bisa menjadi percontohan untuk mengembangkan DME di beberapa desa terpencil lain.? Namun, tentunya juga harus ada kerja sama berbagai pihak untuk mendukung terciptanya DME, agar beberapa daerah terpencil dan kepulauan bisa lepas dari ketertinggalan.? ?(Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:ekonomi,