Ini Alasan Kenapa Harga Beras Terus Naik

Ini Alasan Kenapa Harga Beras Terus Naik

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan berencana menggelar OP (Operasi Pasar), jika dalam waktu dekat ini harga beras mengalami kenaikan yang cukup tajam.  

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan, dirinya memprediski bahwa kenaikan harga beras dipengaruhi oleh banyaknya daerah yang belum mengalami masa panen.

“Sedikitnya stok beras di pasaran menyebabkan kenaikan harga tak bisa dihindari. Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bulog dan Pemerintah Kota/Kabupaten, untuk segera membuat surat permohonan operasi pasar,” cetus Ferry di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (21/02/2015).

Ferry menilai, operasi pasar beras perlu segera dilakukan karena untuk menghindari keresahan di masyarakat.

“Masyarakat jangan sampai panik dan reseh, sehingga akan mempengaruhi harga untuk naik lagi. Jika terjadi panic buying, harga beras akan terdongkrak naik,” nilainya.

Untuk menstabilkan harga beras di pasaran, OP memang perlu dilakukan agar harga kembali normal layaknya saat stok berlimpah. Bulan Maret diprediksi banyak daerah di Jawa Barat sudah mulai masa panen, ini setidaknya bisa menormalkan pasokan sehingga harga bisa kembali turun. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,