9 KA Ekonomi Jarak Jauh Lintas Selatan Tak Dapat Subsidi Lagi

9 KA Ekonomi Jarak Jauh Lintas Selatan Tak Dapat Subsidi Lagi

9 KA Ekonomi Jarak Jauh Lintas Selatan Tak Dapat Subsidi Lagi. (Foto: Net)

Purwokerto - Sebanyak sembilan kereta ekonomi jarak jauh dan menengah lintas selatan tidak akan mendapat subsidi "public service obligation" mulai 1 Januari 2015, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.

"Hal ini berkaitan dengan adanya kebijakan pemerintah yang akan mengalihkan subsidi public service obligation (PSO) KA-KA ekonomi jarak jauh dan menengah ke KA lokal dan komuter," katanya, di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (04/10/2014).

Menurut dia, kebijakan tersebut dikeluarkan agar subsidi dari pemerintah bagi pengguna jasa kereta api lebih tepat sasaran.

Dalam hal ini, kata dia, pengalihan subsidi tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Dengan adanya kebijakan pengalihan subsidi tersebut, lanjut dia, KA-KA ekonomi jarak jauh dan menengah akan diberlakukan tarif nonsubsidi mulai 1 Januari 2015.

Ia mengatakan bahwa tarif nonsubsidi tersebut akan bersifat dinamis dengan menganut mekanisme tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA) serta bakal diberlakukan tarif parsial dengan jarak tertentu sehingga penumpang untuk tujuan kota tertentu hanya akan membayar sesuai dengan yang ditempuhnya.

"Besaran tarif akan berubah-ubah secara dinamis menyesuaikan dengan keadaan hari, namun dijamin masih dalam rentang TBB hingga TBA seperti yang selama ini sudah berlaku pada KA komersial," katanya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,