Amblas, Candi Sukuh di Karanganyar Jateng

Amblas, Candi Sukuh di Karanganyar Jateng

Ilustrasi.(Foto:Net)

Karanganyar - Candi induk di Kompleks Percandian Sukuh, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) ambles sedalam lima centimeter. Petugas Balai Peninggalan Purbakala Jateng pun langsung membenahinya.

Bangunan Candi Sukuh di Desa Berjo itu tampak tak bermasalah. Namun, petugas mengatakan, Minggu (22/2) bangunan mengalami penurunan hingga sedalam lima centermeter. Diduga, kondisi tanah di bagian bawah fondasi bangunan itu labil.

Kondisi itu mengakibatkan penggelembungan sisi candi bagian bawah. Diperkirakan, kondisi itu terjadi dalam empat tahun terakhir.

Menurut juru pelihara Candi Sukuh, Gunawan petugas melaporkan kejadian itu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng. Sehingga bangunan itu dapat segera dipugar kembali.

Candi peninggalan umat Hindu itu selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya di akhir pekan, puluhan wisatawan pun berkunjung di hari-hari biasa. Turis domestik dan mancanegara menikmati keindahan candi yang berpadu dengan kesejukan udara khas pegunungan di objek wisata itu. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:budaya,