Tiga Menit, Selesai Satu Buah Ketupat Selesai Dirangkai

Tiga Menit, Selesai Satu Buah Ketupat Selesai Dirangkai

Tiga Menit, Selesai Satu Buah Ketupat Selesai Dirangkai. (Foto: NEt)

Bandung – Kepiawaian jemari Rudi dalam membuat ketupat terbilang cukup cekatan. Terbukti kurang dari 3 menit Rudi sudah bisa menyulap sehelai daun kelapa menjadi kepongpong ketupat.

Menurut Rudi, dalam membuat kepongpong ketupat dirinya tidak mengalami kesulitan meski dibuat untuk ukuran kecil atau besar.

“Tidak ada bedanya sih, sama saja, mau bikin ketupat kecil atau ketupat besar. Paling kesulitannya saat memilih bahan baku. Jadi kecil atau besar itu gimana ukuran bahan bakunya,” terang Rudi saat ditemui di Antapani, Kota Bandung, Sabtu (04/10/2014).

Rudi mengaku menjadi perajin kepongpong ketupat sejak duduk di kelas 6 atau sekitar 12 tahun lalu. “Saya belajar bikin ketupat sejak kelas 6 SD, setiap tahun kalau Lebaran Idul Fitri atau Idul Adha saya berjualan kepompong ketupat, kalau setiap harinya sih dagang bubur,” aku Rudi.

Daun kelapa yang baik untuk dibikin kepongpong ketupat adalah daun kelapa yang usianya tidak terlalu tua, tepatnya setengah muda. Jika yang digunakan daun kelapa tua dikhawatirkan ketahanan kepongpong ketupat tidak akan lama. “Kalau bahannya pakai yang tua paling kuat cuma dua hari, kalau pakai daun yang muda bisa kuat hingga empat hari,” ungkapnya.

Untuk membuat satu buah kepongpong ketupat, diperlukan satu helai daun kelapa. Sedangkan harga satu helai daun kelapa tersebut di jual oleh bandarnya berkisar Rp 100 hingga Rp 150. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,