Wagub, Kamus Utama Bahasa Sunda Perlu Ada Digitalnya

Wagub, Kamus Utama Bahasa Sunda Perlu Ada Digitalnya

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar .(Foto:Net)

Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyatakan Pemprov Jabar mendukung penuh pengembangan Buku Kamus Utama Basa Sunda yang diluncurkan untuk pertama kalinya di Bale Rumawat, Kampus Unpad Jl Dipatiukur, Minggu (22/2/2015).

Wagub Jabar mengusulkan agar dibuat format digitalnya (e-book), agar penyebaran kamus tersebut bisa semakin luas. Menurutnya kamus Bahasa Sunda ini bisa menjadi dokumen yang menjaga kelestarian Bahasa Sunda dikemudian hari.

"Betul kata Prof. Ganjar, seandainya nanti enggak ada yang bisa menggunakan Bahasa Sunda, kita punya dokumennya. Jadi siapa yang bisa menggali dan mengembangkannya sangat bisa. Tapi kalau enggak ada ini ya hilang, habis semuanya. Globalisasi ini luar biasa dibidang kebudayaan," ungkapnya.

Selain ide e - book, Wagub Jabar mengatakan kamus tersebut bisa dibawa ke kongres bahasa daerah nanti. 

"Sekarang juga kita lihat bagaimana e-book. Barangkali juga perlu e-book, supaya penyebarluasan Bahasa Sunda nanti bukan hanya orang di Jawa Barat atau Priangan yang bisa belajar juga, tetapi bisa dari daerah lain. Mungkin dengan e-book jadi sebuah langkah bagi Yayasan Rancage dan Unpad agar bisa menginspirasi daerah lainnya untuk menggali bahasa daerahnya sendiri. Saya kira ini sangat penting. Makanya nanti akan ada kongres bahasa daerah di Jawa Barat,  supaya bisa menginspirasi daerah lain. Karena itu merupakan kekayaan yang luar biasa," paparnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,