Medan Diterjang Banjir, NTT Alami Kekeringan

Medan Diterjang Banjir, NTT Alami Kekeringan

Medan Diterjang Banjir, NTT Alami Kekeringan. Foto: Net

Medan -  Ratusan rumah di dua kelurahan di Kecamatan Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara terendam banjir, Sabtu (4/9/2014). Banjir tersebut terjadi menyusul meluapnya Sungai Deli setelah intensitas hujan yang tinggi sejak sepekan lalu.

Dua kelurahan yang terendam banjir yakni Kelurahan Sei Mati dan Kelurahan Kampung Aur. Meski ketinggian banjir mencapai satu meter, sejumlah warga memilih bertahan dil antai dua rumahnya. 

Warga mengaku, kawasan pemukimannya memang langganan banjir jika musim penghujan. Ratusan rumah yang terendam banjir memang berada di sepanjang aliran sungai. "Air banjirnya tiba-tiba naik, karena hujannya yang sangat deras" kata Nelly, salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir.

Selain Kecamatan Medan Maimun, banjir juga mengenangi sejumlah rumah di kawasan Kecamatan Medan Johor, Medan Petisah, Medan Sunggal dan Medan Selayang. 

Sebaliknya, di Nusa Tenggara Timur (NTT) kemarau panjang yang terjadi di daerah itu membuat sebagian warga di wilayah selatan Kabupaten Malaka terpaksa mengendapkan air kotor, yang digali dari salah satu pinggir kali dengan menempuh lokasi lebih dari satu kilometer.

Menuerut pengakuan warga, air minum yang didapat dari hasil penyaringan tersebut dipakai untuk minum langsung tanpa melalui proses pematangan.  Kali Benanain di Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur yang sebelumnya menjadi alur bencana setiap datangnya musim penghujan, kini nyaris mengering. 

Dengan menggali lubang di pinggirnya mereka berasumsi endapan air jernih bisa dimanfaatkan untuk air minum. Data badan penanggulangan bencana daerah provinsi NTT menyebutkan, saat ini lima kabupaten terparah terkena dampak kekeringan di Pulau Timor, yakni Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka. Sementara wilayah Pulau Flores merata kecuali KIabupaten Manggarai. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,