Seni Airbrush pada Kendaraan Agar Tampak Indah

Seni Airbrush pada Kendaraan Agar Tampak Indah

Model grafis yang menjadi trend gambar airbrush saat ini (Foto : ADE)

Bandung – Seni airbrush dalam dunia otomotif digunakan untuk mempercantik tampilan mobil atau motor dengan sebuah gambar yang unik, indah, dan menarik. Untuk menghias body kendaraan biasanya pecinta otomotif menggunakan seni ini untuk ajang kontes modifikasi dan juga penggunaan sehari-hari.

 

Menurut seorang seniman airbrush, Eko Lutfi, proses seni membuat gambar di sebuah body kendaraan dengan menggunakan cat airbrush itu membutuhkan waktu yang cukup lama, selain seni ini bisa membuat detail gambar sesuai contohnya, keuletan seniman dalam menuangkan jarum cat ke tekstur bahan sangat mempengaruhi kualitas hasil seni airbrush.

 

“Seorang seniman airbrush untuk menghasilkan sebuah karya yang berkualitas memerlukan waktu 1 minggu sampai 2 minggu untuk proses pengairbrushan. Lamanya proses airbrush dilakukan untuk memastikan sebuah gambar bisa tahan lama menempel pada body kendaraan. Proses pengecetannya itu lama prosesnya, bisa lebih dari 5 kali semprot, untuk cat dasar saja perlu waktu satu hari agar cat bisa menempel dengan baik ke tekstur yang akan di gambar, baru setelah itu proses pengambaran, hingga pelapisan cat demi cat, dan finishing. Tingkat kesulitan gambar juga bisa mempengaruhi waktu pengerjaan,” seru Eko Lutfi panjang lebar saat ditemui di daerah Jl. Gunung Batu, Kota Bandung, Minggu (22/2/2015).

 

Untuk kendaraan yang akan mengikuti kontes modifikasi, biasanya proses pengairbrushan bisa membutuhkan waktu sampai satu bulan.

 

“Kalau kendaran untuk modifikasi biasanya yang di airbrush itu semua body hingga ke detail body motor atau mobil, untuk full body motor membutuhkan waktu 1 bulanan, sedangkan mobil bisa 1,5 bulanan,” cetusnya.

 

Pelanggan yang biasa menggunakan jasa gambar airbrush ke Eko Lutfi adalah para modifikator yang ingin mempercantik kendaraanya dengan gambar bermotif tribal atau grafis modern bergaya tiga dimensi.

 

“Umumnya yang datang kesini untuk mengairbrush motor, ada yang minta tanki bensinnya di gambar, ada juga yang minta full body motornya sebuah penuh di gambar dengan airbrush. Sekarang lagi trend gambar airbrush motif grafis,” aku seniman asal Malang ini.

 

Dalam menjajakan jasa seni airbrushnya, Eko Lutfi mematok harga untuk sebuah motor full body dengan harga Rp.3.000.000,- hingga 4.000.000,- kalau hanya sebagian body saja hanya berkisar Rp. 500.000,- hingga Rp. 1.500.000,-. Sedangkan untuk mobil kalau di gambar full bisa mencapai Rp. 10.000.000,-. Selain itu Eko juga menerima mengairbrush helm, dengan harga Rp. 200.000,- hingga Rp. 500.000,-(Ode)**

.

Categories:Otomotif,