Seniman Airbrush Keluhkan Harga Cat dan Jarum

Seniman Airbrush Keluhkan Harga Cat dan Jarum

Gambar tiga dimensi membutuhkan cat dan jarum airbrush berkualitas. (Foto : ADE)

Bandung – Meskipun seni airbrush sudah popular di Indonesia sejak lama, namun alat-alat dan bahan untuk mengairbrush masih didatangkan dari luar negeri. Bahan seperti cat, jarum airbrush masih kebanyakan di import dari negara-negara Eropa seperti German.

 

Menurut Eko Lutfi, seniman airbrush di Kota Bandung, saat ini cat yang digunakan untuk airbrush masih kebanyak dari luar negeri.

 

“Cat airbrush dan jarum buat airbrush umumnya di import dari German, harganya saat ini cukup mahal karena pengaruh nilai dolar yang tinggi. Untuk jarum berukuran 0,1 mm sampai 0,3 mm bisa di jual seharga Rp. 2.500.000,- sedangkan untuk catnya bisa dari harga Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 3.000.000,- perkaleng. Untuk pengerjaan full body motor bisa membutuhkan 1 kaleng cat untuk satu warna,” ungkap Eko Lutfi saat dijumpai di Jl. Gunung Batu, Kota Bandung, Minggu (22/2/2015).

 

Seni airbrush sangat dipengaruhi kualitasnya oleh cat, semakin baik kualitas cat yang digunakan maka ketahanan gambar airbrushnya pun bisa lebih lama.

 

"Kalau menggunakan cat import berkualitas bagus, hasil airbrushan bisa tahan lama hingga 5 tahun lebih. Berbeda jika kita menggunakan cat berkualitas rendah buatan lokal, itu hanya bisa kuat 1 tahunan, gambar pun lama akan pudar dan kusam, bahkan mengelupas karena kualiatas cat dasarnya jelek," imbuh Eko.

 

Untuk jarum airbrush yang berkualitas buatan German biasanya ketahanannya bisa lebih lama meski digunakan beberapa tahun mengairbrush. Jarum air brush yang ukurannya semakin kecil, harganya pun kian lebih mahal, biasa jarum ini digunakan untuk mengairbrush body motor di ruang yang sempit dan detail.

 

Jarum air brush berukuran sangat kecil biasanya digunakan untuk mengairbrush kendaraan yang akan ikut kontes modifikasi, karena umumnya semua body kendaraan harus digambar dengan detail sampai ke daerah terumit seperti velk, dan dalaman motor.(Ode)**

.

Categories:Otomotif,